Recent Posts

LightBlog

Saturday 6 April 2019

manajemen syariah dan manajemen konvensional





BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
           Dalam kehidupan yang semakin lama semakin ketat persaingannya dalam bidang pekerjaan. Hal ini mengharuskan kita harus mempunyai pengetahuan tentang manajemen dari suatu pekerjaan.Tujuan dari manajemen itu sendiri yaitu efisien dan efektif. Efektif yang berarti tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan sementara efisien berarti tugas yang dilaksanakan secara benar, terorganisir dan terjadwal.
           Sementara Manajemen Syariah di Indonesia saat ini sedang mengalami perkembangan yang pesat. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat membutuhkan sistem ekonomi yang lebih terpecaya dan berdasarkan prinsip-prinsip syariah. Sedangkan pemahaman tentang konsep syariah masih sangat terbatas padahal konsep syariah meliputi semua aspek kehidupan. Oleh karena itu, disini kami akan membahas sedikit tentang manajemen dan dan hal yang berkaitan .
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa itu arti manajemen ?
2.      Apa itu arti manajemen syariah ?
3.      Bagaimana perkembangan ilmu manajemen ?
4.      Bagaimana aliran manajemen islami ?

C.    Tujuan Pembahasan
1.      Untuk mengetahui arti dari manajemen
2.      Untuk mengetahui arti dari manajemen syariah
3.      Untuk mengetahui perkembengan ilmu manajemen
4.      Untuk mengetahui aliran dari manajemen islami


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Manajemen
             Manajemen berasal dari kata to manage yang artinya mengatur. Istilah manajemen telah diartikan oleh berbagai pihak dengan perspektif yang berbeda, misalnya pengelolaan, pembinaan, pengurusan, ketatalaksanaan, kepemimpinan, pemimpin, ketatapengurusan, administrasi dan sebagainya. Istilah manajemen merupakan istilah yang digunakan untuk menerjemahkan kata management. Ada beberapa definisi yang menjelaskan pengertian dari manajemen antara lain:
1.    George Terry memberikan definisi yang dikutip oleh Hadari Nawawi dalam bukunya Manajemen Strategik bahwa manajemen adalah pencapaian tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya dengan bantuan orang lain.
2.    Hasibuan, dalam bukunya Manajemen Sumber Daya Manusia, mengatakan bahwa manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
3.    Mujahid mengatakan manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
4.    Menurut Federick Wins, manajemen adalah suatu percobaan yang sungguh-sungguh untuk menghadapi setiap persoalan yang timbul dalam pimpinan perusahaan (dan organisasi lain) atau setiap sistem kerjasama manusia dengan sikap dan jiwa seorang sarjana dan dengan menggunakan alat perumusan
5.    Menurut James A.F.Stoner (2006:Organisasi.org), manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
        Dalam pengertian tersebut dapat disimpulkan manajemen adalah suatu proses perencanaan, kepemimpinan, dan pengorganisasian dengan memanfaatkan sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
        Konsep manajemen selalu berkaitan dengan organisasi, dimana didalamnya terdapat sekumpulan orang yang memiliki kesamaan tujuan yang akan dicapai dan berkeyakinan bahwa tujuan tersebut tidak mungkin tercapai jika dilakukan secara perorangan. Peranan manajemen dalam organisasi adalah untuk mengatur dan mengarahkan sumber daya manusia yang dimiliki dengan tujuan untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
        Suatu organisasi pada dasarnya memiliki empat aspek pendukung yang meliputi sumber daya manusia,sumber daya keuangan,sumber daya informasi, dan sumber daya fisik. SDM meliputi tenaga manager dan pelaksana, sumber daya keuangan meliputi modal dan sumber-sumber keuangan lain, sumber daya informasi berupa data dan jenis informasi lainnya yang dimanfaatkan oleh organisasi, dan sumber daya fisik yang meliputi bahan baku, kantor, fasilitas produksi dan perlengkapan lainnya. Untuk mencapai suatu tujuan tertentu, dibutuhkan suatu proses manajemen yang secara garis besar meliputi perencanaan dan pengambilan keputusan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengawasan.
        Proses manajemen dalam pelaksanaan peran dan fungsi-fungsi manajerialnya yang merupakan rangkaian yang harus terlaksana dalam sebuah organisasi atau lembaga dalam upaya pencapaian hasil dan tujuan yang diinginkan. Sedangkan, para ahli manajemen berpendapat tentang ketentuan pasti dan fungsi-fungsi manajemen.
Berikut ini adalah beberapa fungsi-fungsi manajemen yang dikemukakan oleh para ahli.
1.    Henry Fayol: Planning, Organizing, Commanding, Coordinating, dan Controlling.
2.    Luther Gullich: Planning, Organizing, Staffing, Directing, Coordinating, Reporting, dan Budgetting.
3.    Koontz dan O’Donnell: Planning, Organizing, Staffing, Leading, dan Controlling.
4.    George R. Terry: Planning, Organizing, Actuanting, dan Controlling.
5.    The Liang Gie: Planning, Decision Making, Directing, Coordinating, Controlling, dan Improving.


B.     Pengertian Manajemen Syariah
Menurut Didin dan Henry manajemen syariah adalah :
1.    Manajemen Syariah adalah perilaku yang terkait dengan nilai-nilai keimanan dan ketauhidan. Jika setiap perilaku orang yang terlibat dalam sebuah kegiatan dilandasi dengan nilai tauhid maka diharapkan prilakunya akan terkendali dan tidak terjadi perilaku KKN (korupsi,kolusi, dan nepotisme) karena menyadari adanya pengawasan dari yang Mahatinggi, yaitu Allah swt yang akan mencatat setiap amal perbuatan yang baik maupun yang buruk. 
Hal ini berbeda dengan perilaku dalam manajemen konvensional yang sama sekali tidak terkait bahkan terlepas dari nilai-nilai tauhid. Orang-orang yang menerapkan manajemen konvensional tidak merasa adanya pengawasan melekat, kecuali semata-mata pengawasan dari pemimpin atau atasan. Setiap kegiatan dalam manajemen syariah, diupayakan menjadi amal saleh yang bernilai abadi.
2.    Manajemen syariah adalah struktur organisasi. Struktur organisasi sangatlah perlu. Adanya struktur dan stratifikasi dalam Islam dijelaskan dalam surah al-An,aam; 165,
“Dan dialah yang menjadikan kamu penguasa-penguasa di bumi dan Dia meninggikan sebagian kamu atas sebagian (yang lain) beberapa derajat, untuk mengujimu tentang apa yang diberikan-Nya kepadamu. Sesungguhnya Tuhanmu amat cepat siksaan-Nya dan sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”
3.    Manajemen syariah adalah sistem. Sistem syariah yang disusun harus menjadikan perilaku pelakunya berjalan dengan baik.

            Berbicara mengenai manajemen sebenarnya tidak dapat dilepaskan dengan perilaku. Untuk masa yang akan datang, manajemen syariah akan diarahkan kepada manajemen perilaku. Arahnya adalah memperbaiki perilaku. Hal ini akan membawa seseorang untuk menyadari bagaimana ia berperilaku secara benar dan konsisten, merasa diawasi oleh Allah ketika melaksanakan suatu pekerjaan, sehingga tanggung jawabnya bukan hanya kepada pemimpin, tetapi kepada Allah swt. Dalam manajemen syariah aspek tauhid sangatlah kuat, sehingga seseorang akan benar dan jujur ketika diawasi oleh manusia serta akan tetap benar dan jujur ketika tidak diawasi oleh manusia.

            Sementara itu manajemen bank islam mengacu kepada sumber hukum utama agama Islam, yaitu Alqur’an dan hadist yang dijabarkan melalui tiga aspek utama yaitu aqidah, akhlak, dan syariat. Terdapat tiga konsep dasar manajemen dalam perspektif syariah, yaitu idarah (tertib administrasi), khilafah (kepemimpinan), dan harta. Nilai-nilai Alqur’an dan hadist maupun sumber hukum Islam lainya serta praktik yang dilakukan generasi awal Islam menunjukkan adanya 42 nilai agama Islam yang relevan untuk diimplementasikan dalam mengelola bank Islam. Nilai-nilai tersebut sebagian telah diakomodir pada penilaian manajemen pada ketentuan bank yang sekarang berlaku. Sistem pengendalian Intern (COSO) dan Good Corporate Governance. Sebagian besar lainya masih merupakan sumber nilai yang dapat dijadikan alat ukur penilaian manajemen bank Islam.

untuk versi fullnya klik download yaa

No comments:

Post a Comment