Recent Posts

LightBlog

Tuesday 9 April 2019

pengantar ilmu teknologi informasi




BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Teknologi informasi (Information Technology) biasa disingkat TI, IT atau infotech. Dalam Oxford English Dictionary (OED2) edisi ke-2 mendefenisikan teknologi informasi adalah hardware dan software, dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalam konteks bisnis atau usaha.
Teknologi komputer merupakan teknologi yang berhubungan dengan perangkat komputer seperti printer, pembaca sidik jari, CD-ROM, Prosesor, disk, dan lain-lain. Komputer merupakan mesin serbaguna yang dapat digunakan untuk keperluan pengolahan data apa saja menjadi informasi yang berguna. Hal ini dimungkinkan karena komputer dapat dikendalikan oleh program yang terdiri atas sederetan instruksi. Komputer akan bertindak sesuai instruksi yang diterimanya dari program. Dengan kata lain komputer akan   bertindak sesuai keinginan pembuat program.

B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Apa Itu Teknologi Informasi  ?
2.      Bagaimana Pengelompokan Teknologi Informasi ?
3.      Apa Saja Komponen Sistem Teknologi Informasi ?
4.      Bagaimana Klasifikasi Sistem Teknologi Informasi ?
5.      Apa Saja Peranan Teknologi Informasi ?

C.    TUJUAN PEMBAHASAN
1.      Untuk Mengetahahui Apa Itu Teknologi Informasi.
2.      Untuk Mengetahui Pengelompokan Teknologi Informasi.
3.      Untuk Mengetahui Komponen Sistem Teknologi Informasi.
4.      Untuk Mengetahui Klasifikasi Sistem Teknologi Informasi.
5.      Untuk Mengetahui Peranan Teknologi Informasi.

BAB II
PEMBAHASAN

A.    PengertianTeknologi Informasi
Teknologi informasi (information technology) bias disebut dengan TI, IT, atau infotech. Ada beberapa definisi tentang teknologi informasi dari beberapa tokoh diantaranya:
1.    Haag Dan Keen (1996) menyatakan bahwa teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungandenganpemrosesaninformasi.
2.    Martin (1999)menyatakanbahwateknologiinformasitidakhanyaterbataspadateknologikomputer (perangkatlunakdanperangkatkeras) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
3.      William dan Sawyer menyatakan bahwa teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.
Dari pengertian para tokoh diatas dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi bukan hanya berkaitan dengan teknologi computer saja tetapi juga berkaitan dengan teknologi telekomunikasi.Dengan kata lain teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi computer dan teknologi telekomunikasi.
Adapun pengertian dari teknologi computer adalah teknologi yang berhubungan dengan komputer, termasuk peralatan peralatan yang berhubungan dengan computer seperti printer, pembaca sidik jari dan bahkan CD ROM. Sedangkan pengertian dari teknologi telekomunikasi adalah teknologi yang behubungan dengan komunikasi jarak jauh. Yang termasuk dalam teknologi ini adalah seperti radio, telepon dan televisi.
     Dari beberapa penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi tidak melulu tentang komputer yang terhubung dengan komputer lain melalui telekomunikasi, tetapi juga dapat berupa ponsel ataupun alat elektronik lain yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. Yang terpenting teknologi informasi itu mencakup computer dan telekomunikasi.

B.     Pengelompokan Teknologi Informasi
Teknologi informasi itu dikelompokkan menjadi 6 bagian yaitu:
1.      Teknologi Komunikasi
     Teknologi komunikasi adalah sesuatu yang behubungan erat dengan cara menggunakan alat bantu guna melakukan prosedur transfer file atau data dari satu perangkat ke perangkat lain.
2.      Teknologi Masukan
     Teknolog imasukan (input technology) adalah teknologi yang menghubungkan dengan peralatan untuk memasukkan data kedalam system komputer.Contoh teknologi masukan adalah keyboard dan mouse.

3.      MesinPemroses
              Mesinpemroses (processing machine) atau yang lebih dikenal dengan sebutan CPU (Central Processing Unit), mikroprosesor, atau prosesor. Sesuai dengan namanya, CPU merupakan bagian dalam sistem komputer yang menjadi pusat pengolah data dengan cara menjalankan program yang mengatur pengolahan tersebut. Contoh prosesor untuk PC yang paling terkenal saat ini antara lain adalah Celeron, Core i7, Xeon, Pentium,dan Core Duo, Intel dan AMD adalah contoh perusahaan yang menghasilkan prosesor.

4.      Teknologi Penyimpanan
              Teknologi penyimpanan dibedakaan menjadi 2 kelompok, yaitu memori internal dan penyimpanan eksternal.Memori internal berfungsi sebagai pengingat baik bagi data, program, maupun informasi sementara ketika proses pengolahan dilakukan oleh CPU. Duacontohmemori internal yaitu ROMdan RAM.ROM adalah memori yang dapat dibaca, sedangkan RAM adalah memori yang isinya bisa diperbarui.
              Penyimpanan eksternal dikenal dengan sebutan penyimpanan sekunder.Penyimpanan eksternal adalah segala alat yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen.Pengertian permanen disini berarti bahwa data yang terdapat pada penyimpanan tetap terpelihara dengan baik sekalipun komputer sudah dalam keadaan mati.Hard disk dan disket merupakan contoh penyimpanan eksternal.

5.      Teknologi Keluaran
            Teknologi keluaran (output technology) adalah teknologi yang berhubungan dengan segala alat yang berfungsi untuk menyajikan informasi hasil pengolahan sistem.Layar atau monitor dan printer merupakan alat yang biasa digunakan sebagai alat keluaran.

6.      TeknologiPerangkatLunak
            Perangkat lunak (software) dikenal juga dengan sebutan program adalah deretan intruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya.Tentu saja, untuk mengerjakan tugas yang berbeda diperlukan pula perangkat lunak tersendiri.Sebagai contoh, Microsof Word merupakan contoh perangkat lunak pengolah kata, yang digunakan untuk membuat dokumen sedangkan Adobe Photoshop adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah gambar.

C.    Komponen Sistem Teknologi Informasi
Pengertian Hardware / Perangkat Keras : komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik. Berikut perangkat keras :
1.      Perangkat Input/Masukan : Hardware yang digunakan untuk memasukkan (Input) instruksi dari pengguna komputer (User). Contohnya adalah keyboard, mouse, dan joystick.

2.      Perangkat Pemrosesan: Merupakan Hardware yang terdapat pada sebuah komputer untuk memproses masukkan/input dari pengguna. Contohnya adalah prosesor pada sebuah komputer.
3.      Perangkat Output/Keluaran: Merupakan Hardware yang digunakan untuk menghasilkan suatu proses (output) dari pengguna komputer (User). Contohnya adalah Monitor, Speaker, dan Printer.

Pengertian Software atau Perangkat Lunak adalah data-data yang terdapat pada sebuah komputer yang doformat kemudian disimpan secara digital. Bisa dibilang bahwa Software merupakan komponen yang tidak terlihat secara fisik, tetapi terdapat dalam sebuah komputer. Berikut ini adalah perangkat lunak :
1.       Sistem Operasi: Merupakan Software yang digunakan untuk menghubungkan antara Hardware dengan Pengguna/User.
2.      Software Aplikasi: Merupakan Software yang dapat diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Contohnya adalah Software paket aplikasi perkantoran seperti Libre Office dan Microsoft Office.

Pengertian Brainware atau Perangkat Manusia adalah orang yang menggunakan atau mengoprasikan komputer. Contoh dari Brainware adalah Programmer, Netter (sebutan bagi orang yang sedang melakukan surfing di Internet), dan orang-orang yang sedang menggunakan komputer.


D.    Klasifikasi sistem teknologi informasi
Klasifikasi teknologi informasi dapat dibagi sebagai berikut :
1.    Menurut Fungsi Sistem,
Berdasarkan fungsi yang diemban sistem, sistem teknologi informasi dapat dibedakan menjadi sistem teknologi informasi yang melekat (embedded IT system), sistem teknologi informasi yang khusus (dedicated IT system, dan sistem teknologi informasi serbaguna (purpose IT System).
2.    Menurut Ukuran
Ukuran dalam pengklasifikasian sistem teknologi informasi tidak harus berupa ukuran fisik, tetapi cenderung didasarkan pada ukuran informasi yang diditampung, kemampuan sistem yang ditawarkan, kecepatan pemroses, dan juga berdasarkan jumlah orang yang menggunakan sistem secara bersamaan.
Klasifikasi ukuran yaitu:
a)    Super komputer 
Super komputer adalah jenis komputer yang memiliki kecepatan proses paling cepat. Bisa digunakan untuk menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan yang kompleks, misalkan untuk peramalan cuaca dan perancangan roket. Diantara jenis komputer super yang terkenal adalah Cray (buatan Cray Research, Inc.) dan IBM ASCI White(buatan IBM/ International Business Machine).
b)   Mainframe
Komputer yang digunakan pada perusahaan berskala besar untuk menangani pemrosesan data dengan volume yang sangat besar. Mainframe bisa juga disebut komputerbesar. Perusahaan komputer yang menjadi pemain utama pada kelas komputer ini adalah IBM, Fujitsu, dan Unisys.
c)    Minikomputer 
Sistem Midrange yang biasa digunakan perusahaan kelasmenengah sebagai server.
d)   Workstation
Jenis komputer yang lebih ampuh daripada kebanyakan PC. Komputer Workstation (Terminal kerja) merupakan mesin yang powerfull. Artinya di komputer ini segala pekerjaan diselesaikan. Komputer-komputer ini mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan aplikasi perhitungan yang rumit. Komputer-komputer ini menggunakan UNIX atau beberapa operating system/sistem operasi NT.
3.      Klien - Server
Pada lingkungan yang mempunyai sejumlah komputer dan komputer-komputer tersebut saling terhubung dikenal dengan istilah klien – server (client – server). Pengertian server umumnya menyatakan sebuah komputer yang menyimpan data atau program yang dapat diambil oleh komputer-komputer lain atau menyediakan peranti seperti CD-ROM drive atau printer yang dapat digunakan oleh komputer-komputer lain. Adapaun klien (atau kadangkala dinamakan workstation) adalah komputer yang memanfaatkan layanan ayang disediakan oleh server.
Ukuran dalam pengklasifikasi sistem teknologi informasi tidak harus berupa ukuran fisik, tetapi lebih cenderung didasarkan pada :
a)      Ukuran informasi yang dapat di tampung.
b)      Kemampuan sistem yang di tawarkan
c)      Kecepatan pemroses

E.  Peranan teknologi dan informasi

Peranan dan contoh (Video) penerapan teknologi informasi dalam dunia perbankan, pendidikan, medis, kepolisian, perdagangan elektronik.

untuk versi fullnya bisa klik icon dibawah ini 


No comments:

Post a Comment